Selasa, 15 Januari 2013

Operasi Mata Lasik dan Beberapa Hal yang Perlu Anda Ketahui



Lasik (Laser in-Situ Keratomileusis), merupakan operasi yang telah populer dengan teknologi mutakhir untuk memperbaiki penglihatan mata pada orang-orang yang rabun jauh, rabun dekat, atau astigmatisme.

Semua operasi laser untuk memperbaiki kemampuan melihat, berupaya untuk membentuk kembali kornea, bagian depan mata, sehingga cahaya yang masuk melalui kornea dapat terfokus dengan benar ke retina yang terletak di belakang mata. Lasik adalah satu dari sejumlah teknik bedah yang digunakan untuk membentuk kembali kornea.


Apakah Kelebihan Bedah Mata Lasik ?

Lasik memiliki beberapa kelebihan sebagai berikut :
  • Tingkat keberhasilan tinggi. Sekitar 90% dari pasien akan memiliki kemampuan penglihatan yang diinginkan setelah Lasik.
  • Tingkat rasa nyeri yang rendah.
  • Hasilnya dapat langsung dirasakan setelah operasi atau sehari sesudahnya.
  • Tidak ada perban atau jahitan yang diperlukan setelah Lasik.
  • Perbaikan penglihatan bisa kembali dilakukan beberapa tahun kemudian setelah Lasik untuk menyempurnakan penglihatan.
  • Lasik mengurangi ketergantungan kebanyakan pasien akan lensa kontak dan kacamata. Beberapa bahkan tidak memerlukan bantuan alat lensa/kacamata lagi sama sekali.
Apakah Kekurangan Bedah Mata Lasik ?

Walaupun memiliki tingkat keberhasilan tinggi, tidak berarti bedah mata Lasik tidak memiliki kekurangan. Beberapa kekurangannya sebagai berikut :
  • Perubahan yang dibuat pada kornea tidak akan dapat dikembalikan setelah Lasik.
  • Lasik adalah teknik bedah yang kompleks. Masalah dapat terjadi ketika dokter memotong flap, yang secara permanen dapat mempengaruhi kemampuan penglihatan.
  • Sangat jarang terjadi, tetapi Lasik dapat menyebabkan hilangnya penglihatan “terbaik”. Penglihatan terbaik adalah tingkat tertinggi yang dicapai saat memakai alat bantu lensa atau kacamata.
Apakah Kemungkinan Efek Samping Bedah Mata Lasik ?

Beberapa pasien merasakan ketidaknyamanan dalam 24 - 48 jam pertama setelah tindakan Lasik. Dampak lain, meskipun jarang terjadi, antara lain :
  • Silau
  • Penglihatan berbayang
  • Kesulitan mengemudi pada malam hari
  • Kemampuan penglihatan yang berfluktuasi
  • Mata kering
Bagaimana Mempersiapkan Diri sebelum Melakukan Bedah Mata Lasik ?

Sebelum dilakukan tindakan, Anda akan bertemu dengan koordinator tim untuk membahas apa yang diharapkan selama dan setelah prosedur operasi mata Lasik. Pada sesi ini, riwayat medis Anda akan dievaluasi dan mata Anda akan diperiksa secara menyeluruh.
Pengujian atau tes awal kemungkinan meliputi pengukuran ketebalan kornea, refraksi, pemetaan kornea, tekanan udara, dan pelebaran pupil. Setelah melalui evaluasi awal, Anda akan bertemu dokter bedah, ini adalah kesempatan bagi Anda untuk menanyakan semua hal yang menurut Anda perlu ketahui. Setelah itu, Anda dapat menjadwalkan untuk prosedur berikutnya.
Jika  saat ini Anda memakai lensa kontak kaku gas permeable, sebaiknya dilepas minimum 3 minggu sebelum evaluasi. Apabila Anda menggunakan jenis lensa kontak lain, harus dilepas selama setidaknya 3 hari sebelum evaluasi. Pastikan untuk membawa kacamata Anda ke dokter bedah sehingga ukuran kacamata Anda dapat diperiksa ulang.
Pada hari operasi, konsumsi makanan ringan sebelum pergi ke dokter dan minumlah obat yang diresepkan. Jangan memakai riasan mata atau aksesoris di rambut Anda yang akan mengganggu posisi kepala saat di laser. Jika Anda merasa tidak sehat pada hari itu, konfirmasikan terlebih dahulu apakah tindakan Lasik harus ditunda.

Apa Yang Terjadi Selama Bedah Mata Lasik ?


Selama operasi berlangsung, alat yang disebut laser mikrokeratome atau femtosecond digunakan untuk memotong flap tipis di kornea. Kornea kemudian dikupas kembali dan jaringan kornea dasar kemudian diubah bentuknya dengan menggunakan laser lain. Setelah kornea dibentuk ulang sehingga bisa berfungsi kembali memfokuskan cahaya ke retina, flap kornea diletakkan kembali pada tempatnya dan operasi selesai.
Lasik dilakukan saat pasien berada di bawah anestesi lokal dalam bentuk obat tetes mata dan biasanya memakan waktu sekitar 10 menit. Pasien juga dapat meminta obat penenang ringan. Rencanakan untuk memiliki seseorang mengantar Anda pulang setelah operasi.

Apa Yang akan Saya Rasakan Setelah Bedah Mata Lasik ?

Anda akan merasa mata Anda kering meskipun mata Anda sebenarnya tidak seperti itu. Dokter akan memberikan obat tetes mata untuk mencegah infeksi dan peradangan serta obat tetes mata lainnya untuk menjaga agar mata Anda tetap lembab. Tetes mata ini mungkin dapat menyebabkan rasa “terbakar” sesaat atau menyebabkan penglihatan Anda kabur ketika digunakan. Selalu hanya gunakan tetes mata yang diresepkan oleh dokter Anda.
Penyembuhan setelah operasi mata Lasik biasanya terjadi sangat cepat. Penglihatan mungkin akan buram dan kabur untuk hari pertama, tetapi kebanyakan pasien akan merasakan penglihatan membaik dalam beberapa hari setelah operasi.
Perawatan lanjutan setelah operasi mata Lasik bervariasi dari satu ahli bedah dengan ahli bedah yang lain. Anda akan diminta kembali dokter untuk evaluasi 24 hingga 48 jam setelah operasi Lasik, dan secara berkala dalam 6 bulan pertama. (*)

Terkait :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar